Mendekati tahun akhir situasi hatimu kemungkinan beralih menjadi bimbang. Mahfum, tahun akhir dapat disebut jadi peristiwa bernostalgia untuk ingat beberapa hal apa yang kamu telah kerjakan satu tahun ke belakang. Beberapa mimpi yang pengin terealisasi semua awalannya, rupanya masihlah ada yang tidak berhasil. Apa sich sesungguhnya yang menjejal gagasan hidupmu naik kelas?

Supaya hidupmu naik kelas pada tahun depan, seharusnya sampaikan beberapa pertanyaan di bawah ini ke diri kita. Sebab melalui pertanyaan, terkadang kamu dapat segera terdorong. Tidak kembali terjerat dalam roda hidup yang serupa, apa lagi menjemukan.

Kita sering tidak sadar jika sesaat lagi tahun akan bertukar. Jika sudah ini, secara automatis kamu akan gusra-gusru untuk kerjakan bermacam hal yang belum terealisasi. Ya, beberapa mimpi yang pengin tahun ini terwujud, rupanya masihlah jauh sekali. Sekalian lagi berusaha, yok tanya ke diri kita “sesungguhnya telah tiba mana realisasi mimpimu tahun ini?”. Ini akan bermanfaat untuk membuat resolusimu tahun 2020 kelak.

Kepoin hidup orang memang membahagiakan. Tetapi sadar tidak sich jika kepoin seseorang malahan menghabiskan waktu saja? Dibanding hoby kerjakan itu-itu saja, mendingan pikir kembali dech satu tahun ke belakang ini up-grade diri apakah yang telah kamu kerjakan? Agar kamu paham.kamu mengerti di 2020 kedepan harus kerjakan up-grade diri yang lain atau ingin perdalam yang awalnya.

Setiap orang tentu punyai masa lampau. Dan di masa lampau itu kamu barangkali sempat lakukan beberapa hal bodoh atau kekeliruan yang sampai saat ini masih kamu sesalkan. Apa sampai tahun akhir ini kamu masih tidak dapat berdamai dengan itu? Bila belum, silakan pikir kembali langkah apa yang kamu dapat kerjakan. Sebab untuk dapat mengambil langkah maju, kamu harus dapat berdamai dahulu dengan masa lampau.