Tahun baru sesaat lagi tiba. Sesaat lagi kamu akan menyaksikan kegiatan rutin orang setiap tahun, dimulai dari suara terompet, petasan, potongan harga di mana saja, sampai resolusi tahunan yang dikomunikasikan beberapa orang. Spesial yang paling akhir nampaknya cukup membuat masalah. Sesaat resolusi tahun ini saja belum semua tercukupi alias banyak yang tidak berhasil, tetapi kenapa perlu membuat kembali?

Jika dipikirkan memang sesungguhnya untuk apa sich membuat resolusi-resolusi semua jika setiap tahun sama juga, tidak semua tercukupi, bahkan bisa saja tidak berhasil keseluruhan. Tetapi sebenarnya tidak ada kelirunya sich membuat kembali, tidak repot ini.

Kamu kemungkinan sangsi atau pesimis untuk bikin resolusi kembali sebab yang sudah-sudah tidak berjalan seperti gagasan. Tetapi sebenarnya kamu tidak perlu menyesali resolusimu yang selalu tidak berhasil itu dengan tidak membuat resolusi kembali. Karena bagaimanapun tidak berhasil dalam kehidupan itu telah terbiasa.

Apalagi tidak hanya kamu doang yang kerap tidak berhasil mewujudkan resolusi, seseorang banyak. Jika kamu ingin mencari faktanya, coba bertanya rekan dekatmu apa resolusinya terwujud semua atau tidak. Tentu umumnya tidak.

Membuat resolusi penting buat hidupmu. Karena resolusi membuat hidupmu terukur dan terang kamu ingin raih apa yang akan datang. Resolusi adalah motivasi, pelecut semangat. Terutama untuk kamu yang situasi hatinya beralih-alih, resolusi ini bisa juga menjadi pengingat jika ada yang perlu kamu kejar di beberapa tahun kedepan. Asumsinya ini, terkadang yang telah diresolusikan saja dapat tidak terwujud apa lagi yang tidak diresolusikan.

Ketidakberhasilan yang tempo hari jangan sampai begitu diratapi apa lagi sampai membuat kamu pesimis membuat resolusi kembali. Malah ketidakberhasilan tempo hari semestinya jadi titik tolak untukmu kembali perjuangkan resolusimu yang sempat tidak berhasil. Toh malah umumnya tingkat kesuksesannya semakin tinggi. Kamu tentu sudah mendapatkan banyak pelajaran. Pelajaran-pelajaran itu dapat benar-benar bermanfaat yang akan datang.