Ada selalu harapan jika kita perlu jalani rute profesi yang sesuai background pengajaran. Bagaimana tidak? Masuk kuliah telah sulit, keluarnya lebih sulit, mahal dan habiskan waktu, juga. Di lain sisi, bukan mustahil kita diterima pada tempat kerja yang tidak pernah kita pikirkan awalnya. Bukan mustahil kita, yang sepanjang kuliah selalu berasa salah jalur, pada akhirnya kembali menekuni renjanamu yang asli. Gelar Sarjana Ekonomi agar berada di ijazah saja. Untuk menyambung hidup, kamu cenderung pilih bekerja lain dengan jalurmu.

Kemungkinan opsi pekerjaan yang tidak sesuai dengan jalur ini akan membuat sebagian orang paling dekatmu meningkatkan alis. Tetapi optimis mereka, pekerjaan yang tidak sesuai jalur pengajaran kita malah menjadi satu karunia!

Kemungkinan kamu seorang Sarjana Kimia yang mahir dalam merekayasa reaksi senyawa, tetapi saat ini malah bekerja di bagian pendesain. Kemungkinan kamu seorang Sarjana Politik, tetapi malahan menekuni di bagian advertensi. Tidakkah sepanjang bekerja di beberapa tempat itu kamu telah pelajari banyak hal baru?

Dengan kerja di firma design, kamu tidak perlu mengambil les private untuk meningkatkan talentamu dalam menggambar. Dengan jadi ad man, kamu tak perlu kerja keras cari tutor untuk meningkatkan kreasimu. Kamu telah mempunyai atasan yang selalu siap mentransfer ilmunya dengan suka-rela. Pengetahuanmu juga tidak akan mentok di situ-situ saja, tetapi berkembang selebar-luasnya. Sisi terbaik? Semua pengetahuan ini dapat kamu peroleh gratis dengan dibayar!

Pekerjaan yang “tidak menyambung” dengan jalur kuliahmu ialah karunia, sebab kamu memakainya untuk mempertajam bakat dan minat yang tidak sempat kamu bangun dengan optimal di tingkatan perkuliahan. Punyai banyak kekuatan dan ketrampilan ialah sinyal jika kamu istimewa.

Misalkan, kemungkinan kamu ialah Sarjana Tehnik Industri, tetapi kamu selalu punyai minat di bagian usaha. Bekerja di bank dan mengurus credit nasabah bisa dibuktikan demikian menolong mempertajam insting usahamu. Tidak boleh bingung bila nanti kamu akan disodori pekerjaan yang kamu harapkan sejauh ini — tidakkah kamu ialah individu dengan minat dan bakat yang berbagai macam dan telah masak?