Sebab di bumi ini ada lebih dari 4 milyar manusia, kamu akan menjumpai watak orang yang bermacam rupa. Ada yang membahagiakan dan pengin kamu buat jadi rekan selama-lamanya, tetapi ada pula yang menjengkelkan dan jika dapat dijauhi selama-lamanya. Sayang, tidak selama-lamanya kamu dapat pilih beberapa orang yang pengin kamu jumpai. Apa lagi jika sudah masuk dunia kerja, senang tidak senang, kamu harus dapat bekerja bersama sama orang yang berbagai macam personalitasnya.

Karenanya, tanpa trick yang pas untuk berkawan, kamu akan memforsir tenaga untuk beberapa hal yang tak perlu. Mungkin itu yang membuat hidupmu berasa memperberat. Sebab lingkungan, dan bagaimana kamu hadapi lingkungan ialah bukti yang paling tentukan keberhasilan. Agar yang tidak berasa capek terus menerus, yok turuti beberapa cara orang smart dalam berkawan ini.

Antara beberapa orang yang di sekelilingmu, tentu ada satu sebagai sumber info untuk seluruh orang. Arti simpelnya sich tukang isu. Dia paham beberapa hal update yang seseorang tidak tahu. Orang seperti ini benar-benar bermanfaat sekalian beresiko. Ia dapat memberi beberapa info yang kamu butuhkan, sekalian dapat menebarkan beberapa info yang tidak pengin kamu sebarkan.

Orang semacam ini umumnya punyai karakter yang hangat, asyik dibawa bercakap, dan dekat dengan seluruh orang. Tetapi orang yang smart akan memikir 2x untuk membagi beberapa info rahasia ke mereka. Sebab mereka yang punyai bibit-bibit ‘gossipers’, benar-benar tidak dianjurkan untuk jadi rekan sharing.

Pertanda orang bohong sesungguhnya dapat nampak jika kita cukup sensitif. Karena mulut dapat mengarang narasi, tetapi gerak-gerik badanmu tidak dapat menipu. Entahlah itu tahu dari sumber lain, atau pahami sendiri dari membaca gerak-gerik, dikelabui memang menyakitkan. Kecuali ada rasa kecewa, ada juga rasa diremehkan. Benar tidak?