hasil yang diraih, perjuangan dalam bekerja selalu bernilai. Apa lagi jika pekerjaan itu bernilai dan menyenangkan beberapa orang, tidak cuma diri kamu. Saat ini kamu ialah seorang guru honorer dengan pendapatan tidak berapa, tetapi perjuanganmu yang spesial ini perlu kamu sukuri. Dan sepanjang pekerjaan ini kamu sukai dan cita-citakan karena itu bahagialah dan bertahan semaksimal mungkin. Saksikan, siapakah yang tidak senang padamu, beberapa orang yang dengan tulus share pengetahuan. Sebenarnya kamu pahlawan tanpa sinyal layanan sebenarnya.

Walau terkadang rasa pengin berserah tiba, kamu masih pilih untuk tetap bertahan. Entahlah apa yang membuat kamu bertahan, kemungkinan sebab senyuman manis siswa-muridmu, atau memang kamu begitu pemurah hati. Tetapi yang jelas kamu sang guru honerer yang bertahan sampai detik ini punyai beberapa kelebihan, yang sebenarnya benar-benar membesarkan hati.

Saat ini pengetahuan yang kamu bisa selama saat kuliah dan mengelana itu sedang dites. Disamping itu pengetahuan dan pengalaman yang kamu bisa tanpa kikir kamu berikan ke mereka, siswa-muridmu. Apa iya, kamu tega tinggalkan mereka yang lagi perlu banyak narasi menarik darimu?

Repotnya waktu UAS tiba, kamu perlu persiapkan tenaga dan waktu tiap malam untuk mengoreksi semua jawaban murid. Jika harus istirahat tentu pikiranmu tidak tenang, seperti haus untuk mengakhiri lemburan tetapi terkadang tubuh tidak berteman. Ajaibnya, kamu masih melakukannya dengan tulus.

Selaku seorang pengajar, kamu berasa ada yang kurang dalam taktik evaluasi, kurang fresh dan kurang hebat. Dengan menyempatkan beberapa waktu tiap hari kamu persiapkan dan rencakan dengan masak materi baru yang lebih hebat dan gampang diserap oleh siswamu. Begitu kamu benar-benar memberikan mereka satu kebaikan, kamu harus tahu itu. Tidak percuma!

Apa yang kamu peroleh pada awal bulan memang tidak sesuai dengan semua usahamu, kamu cuman dapat menerimanya dengan lega dada. Tetapi makin hari makin banyak keperluan yang perlu selekasnya diladeni, kamu juga ikhlas banting tulang mencari tambahan penghasilan dengan bekerja sampingan. Kamu mengagumkan semangatnya, mudah-mudahan apa yang kamu terima bertambah barokahnya.